Monday, December 31, 2007

20Jun05: DragF & DownF at Indianapolis

Dear Anto, thanks atas pertanyaannya…..

Untuk menjawab pertanyaan anda, perlu given-datas beberapa hal yang saya ga tau pasti. Tapi kita asumsikan saja yaa….

Drag Coefficient diasumsikan = 1 (seperti yang diinfokan Bung Sepion). Saya percaya data ini sebab Bung Sepion ini ternyata adalah Aeronautics Engineer… pasti dragforce dkk dah makanan se-hari?, bukan begitu Bung Sepion…. J
Saya sendiri pernah baca darg coeff. Mobil F1 emang sekitar 1 s.d 1.2 (tergantung settingan sayapnya)

Kerapatan udara = 1.16 kg/m3. Ini density udara untuk temperatur 150C, kita pakai yang ini saja.

Kecepatan di tikungan itu ~ 300 km/j (betul ga kira2 ?)

Down-force Coeff ~ 1.2 (asumsi : low downforce).

Dari data2 asumsi di atas, saya dapat:

Dragfoce ~ 822 kg
Down force ~ 1233 kg atau hampir 2 kali berat total mobil

Salam F1,
Roy

-----Original Message-----
From: gp030919 herc
Sent: Monday, June 20, 2005 2:53 AM
To: F1 Indonesia
Subject: [F1Indonesia] pertanyaan untuk Kang Roy

Akang Roy yth,

Saya mau bertanya sedikit (karena anda temasuk salah satu pakar teknis milis ini), kira-kira berapa drag force dan down force yang mungkin terjadi di tikungan 13 Indianapolis, sehingga Michelin tidak mau menjamin resiko safety apabila chicane tidak dipasang untuk penurunan speed ?

Trims atas jawabannya.

Salam F1,
Anto

No comments: