Perbedaan kondisi mobil F1 dan motoGP saat menikung.
· Mobil F1 melawan Lateral G-force dengan grip yang dimiliki keempat bannya. Dengan keempat ban yang lebar2 seperti itu, maka lateral G-force yang dapat ditahan bisa hampir mencapai 4g!
· MotoGP melawan lateral G-force yang dialaminya dengan gravitasi motor + pembalapnya dengan cara memiringkan motornya. Makin besar lateral G-force, pembalap juga harus memiringkan motornya lebih besar. Karena usaha memiringkan motor itu ada batasnya (yaitu aspal… J) maka lateral G-force yang dapat dilawan juga terbatas. Dan karena lateral G-force itu fungsi dari kuadrat kecepatan, maka makin kecil lateral G-force yang dapat ditahan, kecepatan juga harus lebih kecil (dengan faktor yang kuadratis).
Itu lah mengapa motoGP jauh lebih lambat di tikungan dibanding mobil F1.
Salam F1,
Roy
Monday, December 31, 2007
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment