Monday, December 31, 2007

17Jun05: Mobil F1 vs MotoGP 02

Perbedaan kondisi mobil F1 dan motoGP saat menikung.



· Mobil F1 melawan Lateral G-force dengan grip yang dimiliki keempat bannya. Dengan keempat ban yang lebar2 seperti itu, maka lateral G-force yang dapat ditahan bisa hampir mencapai 4g!

· MotoGP melawan lateral G-force yang dialaminya dengan gravitasi motor + pembalapnya dengan cara memiringkan motornya. Makin besar lateral G-force, pembalap juga harus memiringkan motornya lebih besar. Karena usaha memiringkan motor itu ada batasnya (yaitu aspal… J) maka lateral G-force yang dapat dilawan juga terbatas. Dan karena lateral G-force itu fungsi dari kuadrat kecepatan, maka makin kecil lateral G-force yang dapat ditahan, kecepatan juga harus lebih kecil (dengan faktor yang kuadratis).



Itu lah mengapa motoGP jauh lebih lambat di tikungan dibanding mobil F1.



Salam F1,

Roy

No comments: