Tuesday, January 8, 2008

05Sep05: Tanduk McL

Oom Dian, saya coba menjawab….

Tanduk dan segala macam sayap kecil di sekitar tudung mesin itu, generally, bertujuan mengefisiensikan aerodinamika. Aliran udara yang sudah atau hampir “rusak” karena tertabrak oleh sayap depan dan ban depan harus “di-maintain” agar alirannya tetap berupa “attached-flow” dan tidak berubah menjadi turbulen serta diarahkan ke sayap belakang agar menghasilkan downforce yang efektif. Tanpa sayap2 kecil2 itu, aliran udara dari sayap depan & ban depan bisa keburu berubah menjadi “separated-flow” sehingga fungsi sayap belakang menjadi kurang efektif.

Di Monza, downforce tidak terlalu dibutuhkan dan konsentrasi aero-engineers lebih berat kepada bagaimana mengurangi hambatan angin atau dragforce. Karena sayap belakang tidak dibebani tugas “mendeliver” downforce terlalu besar, maka sudut serang nya pun bisa dibuat landai dan sayap2 kecil + tanduk MP-20 pun bisa “diistirahatkan”

Sebab, harus diingat… seberapa kecil dan seberapa streamline pun suatu benda, dia toh pasti menghasilkan dragforce saat menabrak angin. Karena itu daripada sayap2 kecil itu menghasilkan dragforce tambahan padahal fungsinya tidak terlalu penting di Monza, ya mending mereka “diliburkan” dulu.

Kebetulan sekali artikel saya di F1 Racing edisi September ini banyak menyinggung soal sayap2 kecil + tanduk itu. Di situ mungkin bisa lebih jelas dibayangkan karena ada beberapa ilustrasi ringan.


Salam aero,

Roy
--------------------------------------------------------------------------------
-----Original Message-----
From: didie@cbn.net.id

Meminjam kata2 Bung Arief...bener2 jinx nih KR..tapi salut atas usaha
gigihnya duo McLaren
utk mengejar podium dan point... 4 races lagi! masih bisaa :-)
Satu hal yg saya perhatikan dari MP-20 di Monza kemaren dan stlh saya liat
foto2nya juga
di itv-f1.com..tanduk sangar nya hilang!
Rekan2 atau Bung Arief bisa kasih pencerahan ttg ini? efek apa yg dicari dr
penghilangan
tanduk ini ataupun alasan yg me"latarbelakangi"nya? yg pasti salah satunya
pasti
aerodinamika..segitu besarnya kah pengaruh "sang tanduk ini" shg harus
dipangkas? kalo tdk
salah dulu ada "rumor" bhw kencengnya MP-20 dipengaruhi tanduk ini.. thx
sblmnya atas
pencerahannya.

PS : yg jelas terlihat juga, tanduk hilang..Johnie Walker muncul
hehehe..soalnya di Turki
kmrn blm nongol Om Johnie nya.
btw...ada yg melihat iklan baru Johnie Walker sbg sponsor McLaren di
StarSport? cool
bgt..ada 2 versi..yg versi ke-2 yg plg bagus..memadukan video2 F1 classic
(McLaren) dgn
masa kini dalam 1 clip video..terlihat JPM dgn MP-20nya muncul dr blkg
menyalip 1 per 1
mobil2 F1 classic hingga P1 :D
udah ah kpanjangan PS nya :p

Always McL,
Dian P

No comments: