Bung Tommy Tukul,
Kebetulan saya dulu pernah bikin sketsa perbandingan single-keel vs twin-keel, nih saya posting lagi gambarnya di bawah.

Secara umum, Keel adalah bagian bawah body mobil yang bertugas “memegang” pangkal lengan wishbone bagian bawah (lower wishbone). Kelebihan twin-keel adalah aliran angin pada bagian bawah mobil menjadi lebih baik karena angin tidak menabrak keel terlebih dahulu. Aliran angin ini penting karena bisa memberikan ground-effect (atau downforce tambahan karena tekanan rendah di bawah body mobil).

Sedangkan kelebihan single-keel adalah konstruksi keel nya jauh lebih kokoh (rigid) karena single-keel men-support 2 wishbone kiri dan kanan sehingga masing-masing wishbone bisa saling meniadakan beban wishbone di seberangnya. Bandingkan dengan konstruksi twin-keel yang hanya men-support satu wishbone di salah satu sisinya.
Salam F1,
Roy
No comments:
Post a Comment