Tuesday, January 1, 2008

13Jul05: Energy Stored & Recovery (was: Bring it on, Max!!)

Wah ini menarik, makasih info-nya Bung Yoki!

Teknologi ini sebetulnya sudah lama dipikirkan di dunia otomotif di luar F1. Di pameran Gaikindo sekarang juga ada banyak mobil hybrid dipamerkan (CMIIW). Hybrid artinya adalah cangkokan alias gabungan. Dinamai seperti itu karena energy yang digunakan untuk menjalankan mobil diperoleh dari gabungan power engine biasa + power motor listrik. Biasanya mobil hybrid mempunyai teknologi “storable & recoverable energy” seperti dibahas Max Mosley di bawah ini karena teknologi itu bisa menghemat bahan bakar.

Secara general, teknologi ini tidak terlalu rumit. Seperti terlihat di gambar, instalasinya terdiri dari:

1. motor/generator
2. power controller
3. ultra capasitor

3 unit di atas terhubung pada ECU alias komputer mobil.

Cara kerjanya adalah, ECU mengenali driver sedang menge-rem atau nge-gas. Jika driver sedang mengerem, maka ECU akan memerintahkan pada power controller agar energy dialirkan dari motor/generator (yang dalam kasus ini dia bertindak sebagai generator karena men-generate listrik) menuju ke ultra-capasitor untuk disimpan sementara. Sebaliknya jika driver sedang nge-gas, ECU memberikan perintah pada power controller untuk mengalirkan energy ke arah sebaliknya, dari ultra capasitor menuju motor/generator (dalam hal ini dia bertindak sebagai motor karena mengkonversi energy listrik jadi torsi).

Jadi secara sederhana, instalasi tambahan itu berguna untuk menyimpan energy panas akibat pengereman (yang biasanya dibuang begitu saja), untuk kemudian dapat dimanfaatkan saat berakselerasi.

Sebelum ada berita ini, dunia F1 tidak mengutak-atik teknologi ini karena pasal 5.2.2dari Regulasi Teknik FIA menghalangi pengembangannya. Memang pasal itu tidak secara tegas melarang, tetapi di situ disebutkan bahwa alat bantu untuk menyimpan energi yang dapat menyalurkan energy lebih besar dari 2 kW tidak boleh berkapasitas lebih dari 20 kJ. Jika peraturan ini ditaati, untuk menggenerate power tambahan sebesar 60 hp (seperti kata Max Mosley), ultra-capasitor cuma boleh berkapasitas tidak lebih dari 20 kJ yang artinya power-boost 60 hp itu bisa dirasakan driver tidak lebih dari 0.5 detik saja !

So, saya kira jika teknologi jadi diperbolehkan, FIA akan segera merevisi pasal 5.2.2dari Regulasi Teknik mereka.

Salam hemat energy!
Roy

-----Original Message-----
From: yoki@cbn.net.id

From autosport-atlas.com:
FIA president Max Mosley wants to introduce a high-tech energy storage
system to Formula One, in a bid to improve overtaking.

Following lengthy discussions with teams and manufacturers, which have
been handed a fresh impetus following the results of an FIA survey that
indicated fans wanted a high-tech sport with more overtaking, Mosley is
pushing hard for the introduction of the hybrid technology device.

The device will make use of stored energy, produced by the heat of hard
braking, in a bid to give drivers the modern-day equivalent of a
'turbo-boost' - where they will have an extra 60bhp on tap for around five
seconds.



As well as improving the chances of overtaking, Mosley is believed to like
the idea because the technology actually has a relevance to road car
developments rather than being purely high-tech for the sake of it.

"This concept has had an enthusiastic response from the carmakers," Mosley
told the Guardian. "We want to get the emphasis away from hidden
technology, whereas this would have direct relevance."

The general support that Mosley has received from teams and manufacturers
about the energy storage system makes it likely that the device will be
included in the proposals put forward for the new-look F1 planned from
2008.

McLaren managing director Martin Whitmarsh said: "It is the sort of
technical challenge which we would be keen to undertake. It's certainly
something we would like to get stuck in with."

-----------------
Very clever! Innovative! This is one of the reason on why I love Formula
1 so dearly..!! No limit! The beauty of human brains...

Mas Roy, tolong pencerahan teknologi-nya.. ;)

Cheers all!
YPS

No comments: